Tuesday, 18 December 2012

Penanggulangan Korosi Tiang Pancang Baja

Penanggulangan Korosi Tiang Pancang Baja

Salah satu cara penangulangan korosi pada tiang pancang pipa baja, khususnya untuk bagian yang berada di lingkungan air dan atau tanah, adalah dengan proteksi katodik anoda korban. Cara ini dilakukan karena cara lain yang umum dilakukan pada penanggulangan korosi, yaitu dengan cara pengecatan, relatif sulit dilakukan di dalam media air atau tanah.
Proteksi katodik anoda korban adalah suatu teknik penanggulangan korosi dengan cara menghubungkan logam yang akan diproteksi dengan logam lain yang dikorbankan (anoda seng, magnesium, dan alumunium) dalam media elektrolit sehingga membentuk suatu sel listrik.
Korosi tiang pancang pipa baja adalah menurunnya mutu tiang pancang pipa baja akibat bereaksi dengan lingkungan secara elektrokimia. Korosi akan terjadi apabila terdapat anoda, katoda, elektrolit, dan hubungan listrik antara anoda dan katoda. Pada tiang pancang pipa baja, anoda dan katoda dapat terbentuk akibat mutu baja yang tidak seragam atau lingkungan yang menyebabkan terjadinya perbedaan potensial. Apabila pada anoda dan katoda ini terdapat hubungan listrik (kontak satu sama lain) dan keduanya berada pada lingkungan air atau tanah yang bersifat elektrolit dan memiliki tahanan jenis yang rendah, maka akan terjadi proses korosi dimana bagian baja yang berfungsi sebagai anoda akan rusak dan membentuk karat.
Pada prinsipnya, proteksi katodik terbagi dalam dua cara, yaitu :
1. Metoda arus terpasang (impressed current) yaitu pasokan elektron  dilakukan dengan cara menghubungkan tiang pancang pipa baja dengan katoda pada suatu sumber listrik. Metoda ini menggunakan sumber arus searah dari luar, misalnya Transformer Rectifier, DC Generator, dan lain-lain. Rangkaian dari sistem ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini
Proteksi Katodik Arus Terpasang
Arus listrik pada sistem ini dialirkan ke permukaan logam yang diproteksi melalui anoda pembantu, misalnya Anoda Graphite, Baja, Platina, dan Besi uang. Keuntungan besar dari metoda arus terpasang adalah sistem ini dapat menggunakan anoda inert atau anoda yang tahan karat seperti platina dan karbon.
2. Metoda anoda korban (sucricifial anoda) yaitu pasokan elektron dilakukan dengan cara menghubungkan tiang pancang pipa baja dengan logam lain sebagai anoda korban yang memiliki potensial lebih rendah. Pada cara ini terjadi aliran elektron dari logam dengan potensial yang lebih rendah ke tiang pancang pipa baja yang potensialnya lebih tinggi. Gambar dibawah ini menunjukkan rangkaian dari proses sistem ini .
Proteksi Katodik Anoda Korban

No comments: