12 Jembatan Konstruksi Terunik dan Terindah di Dunia
1. Jembatan Banpo (Korea Selatan)
Spesifikasi : Jembatan Air Mancur
Tanggal
9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani
operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang
membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah
menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air
per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
2. Jembatan Millau (Perancis)
Spesifikasi: Jembatan Tertinggi di Dunia
Jembatan ini merupakan jenis cable-stayed bridge, setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa
dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit
lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan
dan dibuka pada umum tahun 2004.
Selain
memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di
bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian!
Jembatan
Millau
memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang
1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi
jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya.
Dek
jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara,
masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon
penopang.
3. Henderson Waves (Singapura)
Klasifikasi : Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada
ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini
merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan
sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok
Blangah Hill.
4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina)
Klasifikasi : Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.5. Rolling Bridge (Britania Raya)
Klasifikasi : Jembatan yang dapat menggulung
Dirancang
oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini
terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan mekanisme
jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal
yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri
hingga dua ujungnya bertemu.
Ketika
dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki
besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di
satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.
Dua belas meter
panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan
dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap
bagian.
6. Jembatan Oliveira (Brazil)
Klasifikasi : Jembatan kabel berbentuk X pertama di Dunia
Jembatan
Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo,
Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan
menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho
Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain
melalui menara penopang berbentuk X.
7. Golden Gate Bridge (Amerika)
Klasifikasi : Jembatan Bersuspensi
Warna Jembatan Golden Gate sebenarnya bukan merah, tapi Vermillion orange atau yang disebut sebagai orange international. Warna ini dipilih secara khusus sebab disesuaikan dan melengkapi warna langit/kabut disekeliling jembatan tersebut.
8. Wind and Rain Bridge (Cina)
Klasifikasi : Jembatan Bangsa Dong
Wind
and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind
and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di
Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap.
Jembatan
ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti
Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam
kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah
pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan
arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster
dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga
bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional.
Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan
ini sangat unik.
9. Tower Bridge (Britania Raya)
Klasifikasi: Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai
tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai
sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di
dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah
satu yang terindah di dunia.
Jembatan
sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi
terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal
berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang lebih sering dipindahkan
melalui laut daripada udara, jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali
setiap harinya.
Tower
Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada
waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar,
menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing berbobot
1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan
granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.
10. Jembatan Air Magdeburg (Jerman)
Klasifikasi : Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan
Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai
Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman.
Sepanjang
1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut
sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe.
Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai berada
di tingkat terendah.
11. Ponte Vecchio (Italia)
Klasifikasi : Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte
Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di Italia,
dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun
banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga
akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun
kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu.
Terkenal
karena banyak pertokoan, jembatan ini juga menjadi rumah bagi setiap
orang mulai pedagang dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko
cinderamata dan penjual karya seni.
12. Khaju Bridge (Iran)
Klasifikasi : Jembatan Bendung
Jembatan Khoju memiliki dua cerita , ditandai dengan lengkungan berpotongan khas dihiasi dengan ubin berwarna kaya. Di tengah-tengah jembatan, ada dua paviliun besar, yang disebut Pangeran salon, yang awalnya diperuntukkan untuk Shah.
No comments:
Post a Comment