Friday 3 May 2013

Tata Cara Pengadaan Jasa Konstruksi di Indonesia

Tata Cara Pengadaan Jasa Konstruksi di Indonesia

Dalam dunia jasa konstruksi, sangat penting untuk mempelajari peraturan dan hukum mengenai konstruksi. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan yang akan berakibat fatal bagi pelaku konstruksi. Yang sebagian besar kesalahan tersebut bisa berakibat kepada jeratan pidana.

ketatnya proses dalam proyek konstruksi diakibatkan oleh besarnya dana yang dibutuhkan dalam suatu proyek konstruksi. jadi, diperlukan keseriusan dalam pelaksanaannya agar kerugian dapat diminimilisir. karenanya, perlu diatur dengan peraturan yang mengikat.

salah satunya adalah keppres no.80 tahun 2003 yang memuat peraturan mengenai pengadaan barang dan jasa.

didalam keppres tersebut diatur secara tepat dan jelas mengenai tata cara pengadaan jasa konstruksi, yang meliputi tata cara bagi pengguna jasa dan penyedia jasa. Keppres ini hanya berlaku untuk pengadaan barang dan jasa dalam ruang lingkup pemerintah Indonesia.

dalam keppres ini secara gamblang dijelaskan mulai dari proses pembentukan panitia lelang, penyusunan dokumen penawaran, sampai proses pelelangan, proses kontrak dan proses serah terima barang setelah masa pemeliharaan.

suatu hal yang amat penting bagi kita untuk mempelajari Keppres no.80 tahun 2003 ini sebelum mengikuti proses pelelangan.

untuk lebih jelasnya, silahkan ::download::

No comments: